B®andung : Babarengan Ngabrending Bandung 2011

brending-bandung.jpgPenasaran dengan B®andung yang di tag ke temen gw di facebook, dan pas ngelewat BIP, so jadi penasaran buat masuk. Logo B®andung sendiri menurut gw sangat keren, ditambah desain poster yang ciamik, dengan warna yang khas pulak..termasuk warna favorit gw kalo ngedesain.:D. Event ini sendiri diselenggarakan oleh FDGI Bandung.


Pas masuk BIP di lantai 2 langsung ngeliat deretan poster menggunakan semacam stand di sepanjang jalan di lantai itu. Akhirnya setelah ngeliat2 jadi ngerti ni pameran apaan..:D.

Di pameran tersebut tiap kampus yang punya jurusan DKV mengirimkan beberapa karya mahasiswanya dengan mengusung tema Branding kota Bandung tercinta. Semua topik mulai diangkat, entah tentang ciri khas kuliner, fashion maupun kehidupan kreatifnya anak2 Bandung..terutama musik..<jangan lupa>:D

Di pameran itu yang paling menyentuh gw..<cieh menyentuh> adalah karyanya anak2 Unpas yang berusaha memperbaiki visual signage Bandara Husein Sastranegara, ataupun branding Gerbang Tol Pasteur. Menurut gw hal begituan yang sangat penting buat diaplikasikan di kota ini. Itupun kalo acara ini ga sekedar menjadi sebuah proposed belaka. Ya moga aja pemerintah sadar kalo mereka punya sekitar 11 Universitas berbasic Desain Komunikasi Visual. Yang sebenarnya bisa diberdayakan untuk membangun kota ini, tentunya secara VISUAL.

Tentu saja peran desainer tidak hanya ketika lulus lantas pergi ke kota besar dan berkarya disana, kenapa tidak bersama2 pemerintah berusaha untuk me-make up kota ini menjadi lebih nyaman secara visual, sehingga masyarakat bisa benar2 sadar apa peran desainer itu dalam kehidupan sehari2.

Sekaligus mengangkat desainer secara keprofesian, terutama di Kota Bandung yang sebagian besar masyarakatnya masih belum mengerti apa fungsi dari desain selain dari mendesain baju ataupun bikin stempel belaka.

brandung-2.jpgGw pribadi butuh waktu banyak untuk mengedukasi beberapa temen2 gw terdekat tentang apa yang menjadi kerjaan seorang desainer. Bisa dibilang hampir 80% mereka benar2 buta tentang fungsi desain. Bahkan ketika gw ngajar ekskul desain di sebuah SMA di Bandung, hampir semuanya kaga ngarti apa itu desain.

Lebih cape lagi kalo ketemu klien yang emng kaga ngarti mo pesen apa, dan masih ga ngerti tentang fungsi desain, makin susah deh buat ngeladeninnya. Istilahnya butuh dua kali kerja, pertama : mengedukasi, kedua : baru ngerjain proyeknya. Oke curhat soal itu tar di beda posting aj.

Untuk pameran kali ini gw juga kesengsem ama karya2 anak2 ITB dan ITENAS. Secara visual dan konsep mereka cukup matang. Gw pribadi sangat menyukai jika desainer mengenal betul tentang Art Direction, dimana desainer mempunyai pengetahuan cukup banyak mengenai style visual dan bisa mengaplikasikan style tersebut untuk desain mereka. Sama persis ketika gw ngeliat Poster B®andung ini..benar2 matang..salut buat yang bikin..siapapun kamuh..

*susah bener nyari desain posternya di google

*padahal ni acara kalo punya blog/web sendiri kayanya lebih keren.
*gambar : www.indonesiakreatif.net/index.php/id/news/read/ngabranding-bandung-di-mall

Komentar